. FORSAMAN: Makna Tembang Ilir - ilir
Selamat Datang di Blog Forsaman Semoga Bisa Bermanfaat Kami Mohon Kritik Dan Sarannya Buat Kemajuan Bersama

Sabtu, 10 April 2010

Makna Tembang Ilir - ilir

Ilir ilir tandure wus sumilir, tak ijo royo royo tak sengguh temanten anyar : kanjeng sunan mengingatkan agar orang orang islam segera bangun dan bergerak karena saatnya telah tiba seperti padi yang sudah siap di panen , agama islam di ibaratkan seperti penganten baru bisa membahagiakan siapapun yang ada di sekitarnya.

Cah angon cah angon penekno blimbing kuwi, lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodot siro : Blimbing adalah buah segi lima ini melambangkan rukun islam dan sholat lima waktu , walau banyak rintangan kita harus bisa menjalaninya untuk menjaga kehidupan beragama mereka.

Dodot siro , dodot siro kumitir bedahing pinggir, Dondomana, jlumatana, kanggo seba mengko sore : Saat itu kemerosotan moral, telah banyak meniggalkan agama untuk menghadap ALLAH maka harus memperbaiki dengan masuk agama islam.


Mumpung gedhe rembulane, mumpung jembar kalangane, ya suraka surak hiyo : Selagi masih ada waktu dan kesempatan yang lapang untuk memperbaikinya , Disaatnya nanti datang panggilan dari Yang Maha Kuasa nanti, sepatutnya bagi mereka yang telah menjaga kehidupan beragama-nya dengan baik untuk menjawabnya dengan gembira.

Dikutip : citizennews.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar: